Internet pada saat ini sudah menjadi ‘santapan’ tersendiri bagi masyarakat. Terbukti dengan banyak nya promosi dari berbagai toko penjual produk yang menggunakan internet sebagai sarana pemasaran dan penjualan. Contoh saja konsumen yang ingin membeli suatu produk, banyak yang berpikir bahwa online shopping adalah solusi utama mereka untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka . Namun, tidak banyak orang yang memperhatikan sisi negative dari berbelanja secara online. Dalam konteks ini, kita sebagai konsumen harus pintar memilih mana  online shopping yang baik dan mana online shopping yang tidak terjamin.

Kejahatan melalui online shopping sering kali terjadi . Banyak uang korban yang dibawa kabur oleh seorang penjual online shop. Kurangnya pengalaman berbelanja secara online mungkin salah satu faktor penyebabnya. 
Jadi, kali ini saya akan berbagi tips berbelanja secara online yang aman dan apa yang harus temen-temen perhatikan:
1.    Situs Online Shopping . Disini , pembeli harus memperhatikan situs yang digunakan online shopping tersebut . Pastikan situs tersebut milik mereka (penjual online shopping) bukan situs gratisan. Setelah mengetahui situs itu memang bukan yang gratisan , anda dapat melihat isi dalam situs tersebut. Apakah online shopping tersebut sering meng-update atau tidak produknya, biasanya online shopping yang update akan lebih serius terhadap penjualan produknya.
2.    Testimonial . Lihatlah apakah situs tersebut banyak dikunjungi atau tidak. Dengan situs yang banyak dikunjungi , maka akan terdapat suatu testimonial yang nantinya akan diisi oleh pengunjung. Lihatlah apakah testimonial tersebut dapat membantu meyakinkan anda dalam berbelanja secara online.
3.    Kenali produk . Setelah anda mempercayai suatu situs online shopping dan mulai memilih produk , maka disarankan untuk mengetahui harga produk dan kualitas dari produk tersebut . Dapat dengan cara browsing internet, bertanya pada kerabat, melihat katalog/brosur , atau pun lainnya.
4.    Transaksi. Dalam hal ini , tidak sedikit korban yang termakan oleh transaksi. Anda dapat melakukan transaksi secara:
a.     COD (Cash On Demand) . Pembeli akan bertemu secara langsung oleh penjual . Disini pembeli dapat menanyakan kualitas produk, negosiasi harga, ataupun bertransaksi dengan aman dan nyaman . Disarankan juga , dalam COD untuk ditemani oleh kerabat agar mengantisipasi terjadinya kejahatan.
b.    Jika transaksi antara penjual dan pembeli berbeda wilayah , lihatlah cara komunikasi saat anda ingin membeli produknya, jika tanggapan dari mereka tidak bagus maka berhentilah memilih online shop tersebut.
c.    Dalam bertransaksi , pastikan si penjual dan pembeli menggunakan rekening bersama . Rekening bersama ini adalah jasa perantara diantarapenjual dan pembeli . Ini dapat meminimalisir tingkat kejahatan. Contoh : jika barang pembeli belum tiba tetapi transaksi uang sudah dilakukan , makan rekening bersama ini tidak akan langsung memberikan pada penjual hingga nanti saat barang tiba. Pastikan memilih rekening bersama yang terpercaya.
d.    Sebaiknya hindarilah transaksi yang berdigit besar . Untuk menghindari penipuan yang terjadi dalam online shopping.
5.    Bukti pembayaran . Simpan lah bukti pembayaran ,agar sewaktu waktu terjadinya kesalahan pada penjual,maka anda dapat menggunakan transaksi pembayaran sebagai bukti .
Beberapa tips tersebut dapat bermanfaat bagi Anda
dalam melakukan online shopping. Ingat, bahwa kejahatan dapat terjadi dalam bentuk apapun . So, baca dan terapkan tips – tips tersebut ya agar dapat meminimalisir kejahatan dalam online shopping
J

0 komentar:

Post a Comment

 
Top