Oleh Muhammad Muhaimin



Fitur SolidWorks Costing menjadi hal yang baru di tahun 2013 silam. Fitur ini akhirnya tersedia dalam SolidWorks Profesional dan SolidWorks Premium. Fitur yang dapat digunakan untuk memperkirakan jumlah biaya yang dibutuhkan dalam proses manufaktur suatu benda yang didesain dengan doftware SolidWorks ini tentunya sangat membantu bagi para desainer terlebih dalam efisiensi waktu dan ketepatan hitungan. Dayne Peruzzi, Seorang President PMS Manufactured Products mengungkapkan, “SolidWorks Costing software has decreased my time per day spent quoting from 5 hours to about 40 minutes!”.

SolidWorks Costing Ikhtisar
Fitur ini membantu desainer membuat keputusan biaya untuk memproduksi dan membantu produsen membuat laporan untuk pelanggan. Setiap kali Anda mengubah desain, Anda dapat melihat pembaharuannya, biaya akan segera diperbarui secara otomatis berikut dengan perincian biayanya. Selain itu, Anda dapat menghasilkan laporan biaya bagi klien secara otomatis pula.
Fitur ini menyediakan template proses dasar manufacturing. Dalam template, Anda dapat menentukan bahan yang digunakan untuk membuat bagian tersebut, proses manufaktur (seperti pemotongan laser, membungkuk, atau menggiling), dan biaya yang terkait bahan-bahan dan operasi manufaktur. Template juga memungkinkan Anda membuat operasi kustom seperti kemasan, entri ERP, lukisan, atau pembersihan.

Costing tools bagi dua pengguna yang berbeda :
Bagi desainer: Costing memberikan perkiraan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk produksi. Biaya dapat membandingkan model sehingga Anda dapat membuat keputusan berdasarkan biaya awal dalam proses desain. Anda dapat mencoba "bagaimana jika" skenario seperti menghapus fitur, mengubah bahan, dan menggunakan proses manufaktur yang berbeda untuk melihat bagaimana pengaruh terhadap biaya.
Bagi produsen: Costing menciptakan kutipan akurat berdasarkan bahan, proses, dan biaya terkait lainnya yang diperlukan untuk pembuatan komponen. Costing menciptakan proses kutipan cepat daripada metode manual seperti menggunakan spreadsheet, menghitung fitur, atau materi yang dihapus. Biaya membantu menghilangkan kesalahan dan menyediakan secara akurat, sistem mengutip berulang yang dapat diperbarui setiap kali bahan atau biaya tenaga kerja perlu revisi.

Anda dapat menerapkan Costing tools untuk memperkirakan biaya lembaran logam, mesin, dan bagian multibody:
Bagian lembaran logam
Biaya operasi meliputi:Operasi pipih pemotongan lembar (seperti laser, water jet, dan plasma cutting); Fitur Library (seperti pukulan dan membentuk alat); Operasi kustom ( seperti lukisan, anodizing, dan lsinnya); Mesin atau setup proses operasi (seperti biaya setup rem)
Alat Biaya otomatis mengenali bagian lembaran logam sebagai bagian yang berisi fitur lembaran logam seperti flensa , bends , atau membentuk alat . Fitur seperti lubang dan pemotongan diakui sebagai jalur manufaktur yang dipotong dengan operasi seperti laser, water jet, dan plasma cutting .
Bagian-bagian mesin
Bagian mesin mulai sebagai sebuah blok bahan atau saham sepiring material ( seperti pelat logam ) dan dibor , digiling , atau berbalik , dan kemudian dipotong oleh jet air atau plasma untuk menciptakan bentuk akhir .
Ketika Anda menghitung biaya permesinan tubuh saham blok berbentuk , alat Biaya menggabungkan biaya berikut :
·       Operasi Penggilingan ( seperti wajah , datar akhir , atau bola akhir penggilingan , dan chamfering )
·       Operasi pengeboran ( seperti buta dan melalui pengeboran , reaming , dan penyadapan )
·       Menghidupkan operasi untuk bagian silinder
·       Operasi kustom ( seperti lukisan , anodizing , dan treatment panas )
·       Mesin atau setup proses operasi (seperti biaya setup mesin penggilingan)
Bagian yang terbuat dari pelat menggabungkan teknik manufaktur seperti laser, jet air , dan plasma cutting , di samping penggilingan, berputar , atau pengeboran . Ketika Anda menghitung biaya permesinan piring saham , alat Biaya menggabungkan biaya berikut :
·       Milling operations (seperti face, flat end, or ball end milling, and chamfering)
·       Drilling operations (seperti blind and through drilling, reaming, and tapping)
·       Turning operations
·       Library features
·       Custom operations (seperti painting, anodizing, and heat treat)
·       Machine or process setup operations (such as milling machine setup costs)
·       Cutting operations (seperti laser, water jet, and plasma cutting)



SUMBER

0 komentar:

Post a Comment

 
Top