Tentu kita masih ingat pelajaran di TPA dulu tentang Bapak Monoteisme, Nabi dengan pengetahuan ketauhidan paling tinggi, yaitu Nabi Ibrahim A.S. Ia dilahirkan di sebuah tempat bernama "Faddam A'ram" dalam kerajaan "Babylon" yang pada waktu itu diperintah oleh seorang raja bernama Namrud bin Kan'aan.


Dalam artikel ini saya tidak akan membahas hebatnya Nabi Ibrahim membuktikan Keesaan Allah. Namun ada suatu pelajaran yang sangat mungkin kita serap justru dari masyarakat jahiliah Babilonia. Babilonia adalah kerajaan yang makmur, ditakuti kerajaan lain, namun mereka jahiliah menyembah berhala.
Mengutip dari situs :
http://www.islam2u.net/index.php?option=com_content&view=article&id=433:kisah-nabi-ibrahim-as-&catid=17:rasul-dan-nabi-allah&Itemid=73, cerita dalam situs ini menyebutkan kejadian pasca Nabi Ibrahim menghancurkan berhala kaum satu kerajaan ini termasuk milik ayahnya. Satu kerajaan kawan J. Kemudian bagaimana reaksi yang muncul dari rakyat jahiliah Babilonia? Berikut adalah versi asli dalam alamat di atas yang saya potong, di mana cerita serupa juga yang saya pahami.
“….Selidik punya selidik, akhirnya terdpt kepastian yyang tidak diragukan lagi bahwa Ibrahimlah yang merusakkan dan memusnahkan patung-patung itu. Rakyat kota beramai-ramai membicarakan kejadian yang dianggap suatu kejadian atau penghinaan yang tidak dpt diampuni terhadap kepercayaan dan persembahan mrk. Suara marah, jengkel dan kutukan terdengar dari segala penjuru, yang menuntut agar si pelaku diminta bertanggungjawab dalam suatu pengadilan terbuka, di mana seluruh rakyat penduduk kota dapat turut serta menyaksikannya.
Dan memang itulah yang diharapkan oleh Nabi Ibrahim agar pengadilannya dilakukan secara terbuka di mana semua warga masyarakat dapat turut menyaksikannya. Karena dengan cara demikian beliau dapat secara terselubung berdakwah menyerang kepercayaan mrk yang bathil dan sesat itu, seraya menerangkan kebenaran agama dan kepercayaan yang ia bawa, kalau diantara yang hadir ada yang masih boleh diharapkan terbuka hatinya bagi iman dari tauhid yang ia ajarkan dan dakwahkan.
Hari pengadilan ditentukan dan datang rakyat dari segala pelosok berduyung-duyung mengujungi padang terbuka yang disediakan bagi sidang pengadilan itu.
Ketika Nabi Ibrahim datang menghadap para hakim yang akan mengadili ia disambut oleh para hadirin dengan teriakan kutukan dan cercaan, menandakan sangat gusarnya para penyembah berhala terhadap beliau yang telah berani menghancurkan persembahan mrk…..”
Pelajaran apa yang dapat kita ambil teman-teman? Kali ini saya menanyakan konteks pelajaran dari masyarakat jahiliah Babilonia.
Yap benar, kronologis ceritanya, masyarakat menemukan pelaku (Nabi Ibrahim), bermusyawarah, dan kemudian baru menentukan hukuman. Nabi Ibrahim hanya mendapat cacian selama perjalanan ke tempat sidang. Cacian karena gusar. Yang menjadi pertanyaan kita adalah, kenapa sebelum ada siding ga dikeroyok? Kenapa ga dijotosi, dipedang, dipanah, bla-bla-bla? Kenapa ga dihabisi masa? Padahal di sini Nabi Ibrahim sendirian melawan satu Negara Babilonia. Mungkin kita akan mengatakan takdir, namun tentu tidak. Ini karena kesadaran masyarakat Babilonia untuk menjunjung pengadilan.
Nah seperti itulah teman, akankah kita jauh jahiliah melebihi jahiliahnya kaum Namrud? Mereka lebih mementingkan pengadilan daripada main hakim sendiri, main massa, apalagi main semprit (bahasa Cak Nun). Mereka hanya mengutuk, dan mencaci, karena adanya gusar di dalam hati. Maka, dari social media, mari kita kurangi sifat ini, sifat yang suka main hakim sendiri, Polisi hingga MUI dibentuk bukan hanya untuk mengamati. Apalagi MUI, tidak dibentuk dengan pencalonan diri teman, mereka adalah ulama-ulama terpilih. Sejatinya lebih mengerti mana yang adil mana yang perlu diberi adil.
Sekian Wallahu A’lam Bis-Shawaab.

1 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

 
Top